Tuesday, February 1, 2011

Membuat Sistem Minimum AVR 40pin (Sangat) Sederhana

Bismillahirrohmanirrohiim..

Membuat sistem minimum merupakan salah satu hal penting dalam perancangan rangkaian mikrokontroller. Sistem minimum merupakan syarat minimal untuk rangkaian mikrokontroler agar chip dapat bekerja dengan baik pada operasi standar. Di sini akan saya share bagaimana cara membuat sistem ini (kompatibel untuk AVR ATMEGA8535/16/32).
Supply
Supply minimal yang digunakan agar chip dapat bekerja adalah (kurang lebih) 5V. Agar tegangan stabil, digunakan IC Regulator 7805 sehingga input tegangan yang diijinkan untuk rangkaian kita adalah antara 6 - 12 V. Range tegangan tersebut akan dikonversi oleh 7805 sebagai tegangan VCC sebesar 5 V. Sebagai pengaman, dapat ditambahkan juga diode 1 A (misal 1N4001) agar rangkaian tetap aman apabila kita dalam memasang supply dari luar terbalik (optional). Selain itu dapat pula kita tambahkan kapasitor (elco) minimal  sebesar 100 uF/16V untuk mencegah reset yang diakibatkan oleh suply yg kurang stabil.

Port I/O
port I/O langsung kita hubungkan ke pin header untuk komunikasi dengan alat dari luar. Sebagai tambahan, dapat kita tambahkan 2 header di masing-masing port I/O tersebut. Ini dimaksudkan untuk memudahkan kita dalam memasang komponen lain ke minimum sistem kita (beberapa alat yang berupa modul memiliki konfigurasi pin data-vcc-gnd)

Reset
pin Reset mikrokontroller AVR ini bersifat aktif low, sehingga untuk me-reset mikrokontroler kita, cukup menghubungkan pin reset ke ground (logika 0). Direkomendasikan pin reset di pull-up dengan resistor ke VCC dan dihubungkan kapasitor ke gnd. Tapi, untuk rangkaian yang sederhana, cukup kita beri tombol push button ke gnd, sehingga kalo ingin me-reset tinggal tekan aja.

XTAL
Mikrokontroler jenis ini sudah memiliki sumber clock internal 1 MHz (Internal). Meski begitu, tetap disarankan memberi jalur untuk kristal eksternal meskipun bisa juga tidak di pasang. Sumber clock standar yang sering digunakan adalah 8 MHz, untuk mengubahnya harus melalui fuse bit (CKSEL.0-4 berlogika 1101). Hati-hati dalam mengubah fuse-bit karena bisa merusak mikrokontroller.

Port ISP (downloader)
port ini berfungsi untuk men-download program (.hex) kita ke mikrokontroller. Port yang digunakan adalah port ISP yang kebanyakan downloader menggunakan konfigurasi pin MOSI-MISO-SCK-RST-GND. Untuk membuat port ini, bisa kita gunakan header.

Aksesori :
LED

Sebagai tambahan, dapat kita tambahkan sebuah led sebagai indikator bahwa supply yang kita pasang benar-benar bekerja dengan baik dan tidak terbalik, jangan lupa beri resistor (minimal 330 ohm) sebelum LED untuk membatasi arus yang masuk ke LED.

VReff Selector

chip ini menyediakan ADC (Analog to Digital Converter) 10 bit sebanyak 8 channel pada PORTA. Untuk tegangan referensinya dapat kita pilih baik internal, eksternal (pin AREFF), atau AVCC. Untuk memilihnya (paa hardware) bisa kita gunakan header 3pin dan sebuah jumper 2pin untuk memilihnya. Pin Areff diberikan pilihan untuk dihubungkan ke AVCC atau Trimpot 10K (untuk memberikan range antara 0 - 5 V)

OK, segini aja teorinya, untuk membuat minimum sistemnya, kita gunakan rangkaian ini :



design PCBnya (contoh aja..silakan di utak-atik sekreatif mungkin) :



Download GRATIS design eagle (v 5.4.0) nya di sini
Demikian semoga bermanfaat. di tunggu komentarnya.. :)

Related Post:

14 comments:

  1. om,,,mo tanya,,gmana buat program penghitung kecepatan putaran roda,,,,saya pake optokopler sama cakram berlubang,,,kalo boleh secuil program bascomnya,,hehehehehe thq\

    adhitsatriani@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. untuk menghindari bouncing waktu ngitung pake interupsi eksternal gan..ok ntar segera saya kirimi cuilan programnya.. :)

    ReplyDelete
  3. ijin berkunjung di sore hari..
    udah semakin ok aja nih blognya mas rara,,,

    sukses selalu...

    ReplyDelete
  4. halo mas moak..waaah iya po?siapa dulu donk yang ngajarin...hehehe

    Amiin...sukses jg buat dirimu... :)

    ReplyDelete
  5. mas, saya pengen download hex ke atmega8,
    tapi pengen buat downloadernya sendiri, apa mas pnya informasi pcb dan software?

    benny_mrd@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  6. ada mas..yang lewat paralel atau USB?

    ReplyDelete
  7. ass...
    gan,mau tanya nih,, kebetulan disana saya liat2 pakenya BASCOm AVR dan sama sprti TA yg skrg ane buat.. salah satu blok sistem,,ane bkin sensor input output orang dalam ruangan pake 2 photodioda yg dipasang sejajar (orang yg masuk&keluar melewati photodioda 1 & 2),, ane bingung nih gan,,uda ane otak atik programnya,tp kgak bs melakukn decrmn,,klo incrmn uda bs.. bs dibantu gan buat listing programnya?!mohon bantuannya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wlkmslm..waduuh maafkan ane gan yang baru cek blog..wah pasti TAnya udah selesai nih..kalau butuh bantuan segera kontak saya saja ya..
      (bisa diliat di profile ane..)

      Delete
  8. terima kasih gan......gpl
    ga PAKE gambar lagi.....wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  9. Bang, aku ingin mengendalikan kecepatan 1 motor dc dengan l293d dan atmega 8535, tapi aku masih bingung nih.
    tolong berikan gambar rangkaiannya ya, & kalo bisa, tolong juga dengan program bahasa c nya nya dengan codevision avr.
    Tolong ya bang... dikirim saja ke e-mail aku juga boleh: engly.nd@gmail.com.

    Makasih Bang.... :)

    ReplyDelete
  10. bg gk bisa download bg ...
    kirim ke imail ak bg ya ..

    F4hm91@yahoo.com
    trimkasih bg .....

    ReplyDelete