Tuesday, February 15, 2011

Membuat PCB Dengan Metode Setrika


Bismillahirrohmaanirrohiim...

Sebenarnya banyak cara untuk mencetak dan membuat design PCB. Salah satunya adalah dengan bahan kertas glossy atau plastik transparansi,setrika dan pelarut (FeCl3 - Ferri Chloride). Memang cara ini terbilang "jadul" bagi mereka yang sudah expert di bidang pembuatan PCB, tapi bagi saya yang masih belajar, cara jadul yang satu ini masih joss untuk membuat PCB karena mudah, murah, dan ngga ribet, selain itu bahan-bahan yang digunakan juga tidak terlalu berbahaya (asal penggunaannya wajar). Disini akan saya bahas menggunakan kertas glossy karena prosentase "jadi" nya lebih besar, setidaknya menurut pengalaman saya.. hehe
OK, langsung saja kita mulai..

1. Pertama-tama, buat design PCBnya dulu dengan menggunakan software pembuat PCB seperti eagle, protel, proteus (ARES), PCB Designer, atau software lain yang anda biasa gunakan. Atau kalau malas, bisa download design PCB di blog saya ini di posting yang berlabel 'design PCB'.
2. Print / cetak hasil design ke kertas glossy dengan menggunakan printer laser, kalau bisa dengan kualitas printer yang bagus. Kalau ngga punya printernya (saya contohnya,hehe) bisa kita print di tempat Digital Printing.
3. Potong kertas glossy selebar rangkaian yang kita buat, bisa dengan menggunakan cutter / atau gunting.
4. Siapkan PCB polos, kemudian potong dengan menggunakan cutter atau gergaji. Kalau menggunakan cutter dan mistar, sebaiknya yang di gores 2 sisi, kemudian pegang ujung PCB yang digores dan patahkan.


5. Rapikan bekas potongan cutter dengan menggunakan ampelas atau kikir agar tidak mengganggu proses penyetrikaan nantinya.
6. Bersihkan sisi tembaga PCB dengan menggunakan thinner atau M3(bisa dibeli di toko yang menjual peralatan dan bahan sablon.
7. Siapkan dan panaskan setrika (biasanya di stel stengah full). Kalau setrika kurang panas, proses penyetrikaan akan lama, tapi kalau kepanasan, kertas glossy langsung rusak...dikira-kira aja..Kemudian Letakkan sisi cetak kertas glossy di sisi tembaga PCB dan rapikan posisinya (kalo miring kan jelek). Kemudian setrika kertas glossy secara merata di semua bagian (kira-kira 10-15 menit).
8. Bersihkan kertas glossy dengan mengggunakan air. Menurut pengalaman saya, hasil cetakan akan lebih bagus apabila pemberian air dalam kondisi kertas glossy dan PCB masih dalam keadaan panas. Apabila ada jalur yang putus, gunakan spidol permanen untuk menyambungnya kembali.

 
9. Larutkan PCB pada larutan Ferri Chlorid (FeCl3) dengan air pada wadah berbahan plastik. Jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental (wah seberapa ya...hmm kira-kira aja). Goyang-goyangkan wadah agar PCB cepat larut. Kalau ingin lebih cepat lagi, gunakan air panas.

10. Bersihkan bekas tinta cetak dengan menggunakan Thinner atau larutan M3. Rekomendasi : gunakan M3 karena tinta yang dibersihkan tidak membekas.
11. Lubangi tempat kaki komponen pada PCB dengan bor (biasanya menggunakan mata bor ukuran 0.8 mm atau 1 mm)
12. Jadi deeeeh... :)

Kesimpulan :
Berdasarkan pengalaman saya selama ini, menggunakan teknik ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan
Kelebihan :
- murah dan hemat, cocok buat kita-kita yang berdana minim
- Mudah, semua bahan pasti ada dan tersedia di toko-toko elektronik. Coba bandingkan dengan menggunakan film. filmnya aja harus pesan, soalnya ngga di semua kota ada.
- Lebih aman. Setidaknya gunakan dengan wajar (contoh yang ngga wajar : larutan pelarutnya diminum.. hehe). Coba bandingkan dengan menggunakan film yang harus menggunakan sinar UV. Apabila salah penggunaan, bisa kena kanker.
Kekurangan:
- Hasil kadang tidak sempurna.
- Proses agak lama. Terutama proses pelarutan
- Limbahnya kurang ramah lingkungan.

OK, demikian.. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi. Apabila anda masih pemula dan sering gagal, JANGAN MENYERAH !!. Semakin banyak berlatih akan membuat kita menjadi semakin mahir dalam mempelajari sesuatu. Dan yang terakhir, ditunggu komentarnya.. :)

Related Post:

15 comments:

  1. mas klau double layer pake setrika bsa g??
    caranya gmn??

    ReplyDelete
  2. Bisa gan,,langkahnya, pertama yang kita lakukan adalah prosedur bikin PCB di atas (yang bottom / layer bawah) tapi g sampe tahap pelarutan, cuma sampe habis strika dan bersihin pake air. Nah, layer bawah ama atas khan saling berhubungan tuh di beberapa kaki komponen..di lubangi PCBnya dan kertas glossynya i titik tsb. kmdian di kunci/jepit pake kaki komponen (kalo bisa kaki yang dilubangi di pojok-pojoknya). trus setrika bagian tengahnya..kalo udah nempel, lepas kaki komponennya biar g ganggu..setrika semua bagiannya ampe merata..bersihin, larutin, n jadi deh..
    selamat mencoba dan semoga berhasil :)

    ReplyDelete
  3. oh ya mas,,klau kita buat double layer kan da dua sisi,bottom ma top..waktu ngeprint board perlu dimirror g?
    klau perlu sisi mana yang harus dimirror..
    trimkasih sblumnya :)

    ReplyDelete
  4. sama-sama..yang di mirror yang "TOP" gan..yang bottom g usah..
    :)

    ReplyDelete
  5. nice post
    pelu d coba,,

    thanks

    ReplyDelete
  6. @anonim:
    sama-sama... senang bisa membantu...
    selamat mencoba.. :)

    ReplyDelete
  7. om.... waktu dsetrika, dilakukann dengan penekanan atau cuma kayak setrika baju ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ingin cepat, lebih baik dengan penekanan, tp secara merata

      Delete
  8. Wah jadi ingat jaman dahulu kala....tpi dulu printer laser muahalllll rental juga gak ada yg laser. solusi pake printer biasa kualitas kurang bagus....abis di setrika tebalkan pake spidol hitam, baru deh di larukan. bor juga bikin sendiri pake motor DC. ha..ha....salut...salut....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee..emang ini cara jadoel..tp ampuh lho..cm y banyak kelemahan juga..belajar dari basic emang perlu sebelum melangkah ke yang canggih2..

      Delete
  9. Mancap Gan...thanks Ilmunya, semoga brkah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama2..Amiiiin.. Barokalloh :)

      Delete
  10. LUAR BIASA MASTER
    :D

    makasii ilmux.. bermanfaat bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas yusqi juga luar biasa..Alhamdulillah..

      Delete
  11. Gw bkin pcb 5x gagal semua, krn tembaga nya msh ada yg nempel disekeliling jalur, yg berwarna kemerahan, kirain tembaga nya cuma yg warna perak, kirain yg warna merah fiber ternyata msh tembaga krn stl ditest dg multitester jarum nya gerak.. gambar jalur kurang jelas krn mesin foto kopi nya jelek dan tukang foto kopi nya amatiran. tp akhir nya bsa juga bkin pcb, lbh bgus pkai plastik transparan foto kopi nya. pkai hvs kurang bgus.

    ReplyDelete