Thursday, January 27, 2011

Komunikasi Mikrokontroler ke Serial Komputer (1)

Bismillaahirrohmaanirrohiim...
Komunikasi serial dari mikrokontroller ke komputer, atau dari komputer ke mikrokontroller merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan saat ini. Dari wikipedia  teori komunikasi serial dapat dijelaskan sebagai berikut. Komunikasi serial adalah salah satu metode komunikasi data di mana hanya satu bit data yang dikirimkan melalui seuntai kabel pada suatu waktu tertentu.Pada dasarnya komunikasi serial adalah kasus khusus komunikasi paralel dengan nilai n = 1, atau dengan kata lain adalah suatu bentuk komunikasi paralel dengan jumlah kabel hanya satu dan hanya mengirimkan satu bit data secara simultan. Hal ini dapat disandingkan dengan komunikasi paralel yang sesungguhnya di mana n-bit data dikirimkan bersamaan, dengan nilai umumnya 8 ≤ n ≤ 128. Untuk komunikasi serial tersinkron, lebar pita setara dengan frekuensi jalur. Pada komputer pribadi, komunikasi serial digunakan misalnya pada standar komunikasi RS-232 yang menghubungkan periferal eksternal seperti modem dengan komputer. RS-232 adalah standar komunikasi serial yang didefinisikan sebagai antarmuka antara perangkat terminal data (data terminal equipment atau DTE) dan perangkat komunikasi data (data communications equipment atau DCE) menggunakan pertukaran data biner secara serial. Di dalam definisi tersebut, DTE adalah perangkat komputer dan DCE sebagai modem walaupun pada kenyataannya tidak semua produk antarmuka adalah DCE yang sesungguhnya. Standar RS-232 mendefinisikan kecepatan 256 kbps atau lebih rendah dengan jarak kurang dari 15 meter, namun belakangan ini sering ditemukan jalur kecepatan tinggi pada komputer pribadi dan dengan kabel berkualitas tinggi, jarak maksimum juga ditingkatkan secara signifikan. Dengan susunan pin khusus yang disebut null modem cable, standar RS-232 dapat juga digunakan untuk komunikasi data antara dua komputer secara langsung.

Sebelum kita membahas komponen komponen yang diperlukan, kita coba simulasikan di Proteus dulu. Kita gunakan mikrokontroller AT90S8535 (atau ATMEGA juga boleh) dengan clock 8 MHz. kemudian tambahkan Virtual Instruments Mode -> Virtual Terminal. Karena kita hanya akan mengirimkan data serial dari mikrokontroller, cukup sambungkan pin Tx / Transceiver mikrokontroller ke pin Rx / Receiver Virtual Terminal.


$regfile = "8535def.dat"
$crystal = 8000000
$baud = 9600                      'kecepatan pengiriman data (bit per second)

Dim Count As Integer
Count = 0

Do
Incr Count                            'counter (counter= counter + 1)
Print Count ; ". BlackBox"    'print -> untuk mengirimkan data lewat pin Tx
Waitms 200                         'print count -> kirim variabel count
Loop                                   'print ". Blackbox" ->kirim string ".BlackBox"

Download file design proteus dan listing programnya di sini

Demikian, InsyaAlloh akan segera saya lanjutkan materinya sesegera mungkin. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan refferensi.

Related Post:

3 comments:

  1. ada contoh bahasa C dengan CVavr ngak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf untuk sekarang belum ada..
      ane usahakan segera..

      Delete
  2. kalau counternya menggunakan tombol bagaimana sourcenya

    ReplyDelete