Monday, April 5, 2010

Sensor Warna Sederhana

tulisan pertama nih...mohon klo ada salah dibantu benerinnya ya... :)

n semoga bermanfaat.. :)


Bikin sensor warna?gampaaaaang...hehehe....Kita bisa loh membuat sensor warna sederhana.Cukup pake LED Super Bright dan LDR (Light Dependent Resistor) atau bisa diganti dengan photodioda / phototransistor. Nilai hambatan LDR / photodioda / phototransistor ini bergantung pada intensitas cahaya yang mengenai permukaannya. Semakin besar intensitas cahaya yang mengenainya, nilai hambatan LDR ini semakin kecil dan berlaku juga sebaliknya. Sehingga, dengan prinsip kerja yang cukup "unik" inilah komponen ini dapat kita manfaatkan sebagai pendeteksi warna objek. Karena intensitas cahaya yang dipancarkan dari LED Superbright dan warna pemantulnya berbeda–beda untuk masing–masing warnanya, nilai hambatannya pun juga bervariasi.


Untai pendeteksi warna ini cukup sederhana, yakni dengan memanfaatkan untai pembagi tegangan seperti pada gambar di bawah ini
Kalo yang dipake Photodioda, pemasangannya dibalik (Anoda yang dapet GND). Dari skema di atas, tegangan output Vo dapat dihitung dengan rumus:
jadi, nantinya tegangan Vo bergantung dari besarnya Vcc yang diberikan (biasanya sih 5V), sehingga keluarannya berkisar antara 0 - Vcc sesuai besarnya intensitas cahaya yang mengenai sensor. Untuk kelanjutannya, pin Vo dapat diolah dengan menggunakan mikrokontroller, yakni dengan fasilitas ADC. Oiya, nilai R1 yang paling ideal adalah stengah dari hambatan sensor ketika dalam kondisi gelap (tidak kena cahaya). Atau dapat dihitung dengan :

Dengan:

Rt = hambatan Resistor ketika dikenai cahaya terang

Rg = hambatan Resistor ketika gelap

Related Post:

7 comments:

  1. wahahaha...sang master...
    nuhun master...
    :)
    ajarin lebih lanjut yak

    ReplyDelete
  2. jiahhh...
    lebayyy...

    sama2 masih newbie nih...
    heheh..:D

    ReplyDelete
  3. yg diukur LDR kan itensitas, emg iya ta setiap warna punya itensitas yg berbeda2? npa g makek photodioda ja, soalnya kn inputan photodioda panjang gelombang. dan setiap warna punya panjang gelombang tersendiri. tp aq prnah nyobak dua2nya hasilnya g maksimal. terlalu bnyak error.

    ReplyDelete
  4. bisa ngga membuat sensor warna menggunakan visual basic? mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
  5. @sint:
    itu bisa juga diganti pake photodioda, tapi R pull-up nya agak besar sekitar 56K.
    yup setiap warna punya karakteristik beda (di coba-coba aja)
    errornya seperti apa?

    @anonim:
    Yup bisa..seperti apa sistemnya? email saya aja..trims

    ReplyDelete
  6. berarti bisa nggantiin TCS230 noh mas.. kalo buat ndeteksi RGB juga bisa mas.. gimana caranya.. matur nuwun

    ReplyDelete